Minggu, 02 Desember 2012

Sinopsis Film Pencarian Terakhir


Synopsis        :
Suatu film yang menceritakan tentang keteguhan dan keyakinan seorang kakak bernama sita dalam mencari adiknya Gancar. Ini merupakan film panjang pertama dari sutradara affandi abdul rachman. Sutradara lulusan Columbia College of Hollywood dimana dia lulus S1 dalam bidang Movie Directing dengan predikat Magna Cum Laude, ini sebelumnya baru menggarap film pendek, yakni Paranoid dan Phoenix. Film ini sangat menarik, bahwasannya ini merupakan film bertemakan tentang hilangnya  para pendaki gunung di gunung sarangan di daerah sukabumi, jawa barat. Dalam film ini pun berkisah tentang petualangan, kesetiakawanan dengan bumbu horor dan mistis.
            Gancar yang merupakan adik dari sita, hilang bersama teman-temannya di gunung sarangan saat pendakian. Sita pun dengan ditemani Oji salah satu temannya , pergi untuk mencari adiknya. Tanpa sepengetahuan sita dan oji, bagus yang merupakan teman mereka datang menemui tito sahabat lama mereka. Tito yang dulu pernah hilang juga di gunung sarangan, mencoba untuk meninggalkan kegiatan sebagai pecinta alam. Bahwasannya, ia masih takut untuk mengingat peristiwa hilangnya ia bersama norman disana. Selamatnya, hanya ialah yang dapat ditemukan namun norman menghilang entah diketahui keberadaannya.
            Akhirnya Sita, Oji,Bagus dan Tito serta para tim pencari mencari gancar dan teman-temannya. Setelah dilakukan pencarian, mereka menemukan salah seorang temannya Wahyu. Wahyu menceritakan bahwa sebelum mereka hilang, mereka meminum minuman keras di puncak gunung hingga mereka tidak ingat jalan untuk kembali pulang. Mereka pun salah dalam mengambil jalan, yang seharusnya mengambil jalan kiri namun mereka mengambil jalur kanan. Setelah itu, para tim pencari dan sita melakukan pencarian kembali. Hingga pada sebuah pencarian, banyak para anggota yang pingsan dalam mencari gancar dan temannya. Sita pun menjadi korban yang pingsan juga.
            Karena banyaknya korban yang pingsan, akhirnya pencarian pun dihentikan. Mendengar kabar tersebut, sita tidak setuju. Sita ditemani oji, bagus dan tito melakukan pencarian tanpa diketahui oleh kang Bernard. Dengan keyakinan yang tinggi, sita mencari adiknya. Pencarian pun menghasilkan sebuah titik terang, mereka menemukan Gancar dan teman-temannya. Namun pada saat itu, gancar akan terjatuh ke jurang, dengan kebaikan tito, ia menyelamatkan gancar. Sayangnya, ketika gancar selamat, tito yang menyelamatkannya jatuh ke jurang. Sita, gancar dan teman-temannya bersama tim pencari yang datang menjemput akhirnya pulang dengan tito yang kembali hilang di gunung itu. Ketika esok pagi, sita , gancar dan teman-temannya bergegas untuk pulang, sebuah keajaiban datang. Tito datang secara tiba-tiba dengan selamat.
            Pada akhir film ini diceritakan bahwa tito selamat, dengan dibantu oleh Norman sahabatnya dulu yang hilang. Namun sayangnya, sampai akhir film ini tidak diceritakan bagaimana kelanjutan Norman yang menghilang tiba-tiba. Dari film ini juga tidak di jelaskan apa maksud dari angina kencang yang sering terjadi ketika berada di daerah hutan gunung sarangan ini. Selain itu, mungkin bagi sebagian remaja mahasiswa ini merupakan hal yang biasa seperti menyepelekan etika ketika ada di alam dan meminum-minuman keras. Selain itu pada awal film pun diperlihatkan seorang mahasiswi yang merokok. Lebih dari itu, film ini sangat menarik karena berbeda dengan film misteri lainnya. Pemilihan tempat juga sangat cocok, yaitu di gunung sarangan salah satu daerah di sukabumi jawa barat. Sangat mencerminkan sebuah misteri di gunung tersebut.
            Film ini sangat cocok untuk di tujukan kepada anggota para pecinta alam. Dengan memberikan pesan, untuk tetap berhati-hati dalam melakukan pendakian gunung dan tetap memperhatikan etika ketika berada di alam. Bukan hanya untuk para pecinta alam, namun film ini bias menjadi salah satu film  yang dapat dijadikan contoh bahwasannya tidak selamanya film berkisah misteri dapat dicampur dengan adegan yang vulgar.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

dulu nontonnya ketakutan banget, tapi salah satu thriller terbaik Indonesia menurut saya ini Sinopsis dan Jalan Cerita Film

Sirius Sombrero mengatakan...

Filmnya bagus.

Sirius Sombrero mengatakan...

Filmnya bagus.

Unknown mengatakan...

Ada yg punya link nya? 😅

Unknown mengatakan...

https://youtu.be/ceLYFCr1fUQ nih linkny

Posting Komentar