Minggu, 22 Januari 2017

KOMUNIKASI PENDIDIKAN : FUNGSI KOMUNIKASI

BAB IV

FUNGSI KOMUNIKASI

A.    FUNGSI KOMUNIKASI         

Kita berkomunikasi adalah untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun hubungan sosial dengan orang di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan. Komunikasi merupakan suatu hal yang penting yang biasanya kita gunakan untuk terhubung satu sama lain antar individu maupun kelompok.
Komunikasi tidak hanya berkutat pada persoalan pertukaran informasi dan pesan, tetapi juga melingkupi kegiatan individu dan kelompok berkaitan dengan tukar menukar data, fakta, dan ide. Dalam penggunaanya, komunikasi memiliki fungsi umum antara lain :
1.    Mempengaruhi dan dipengaruhi
Hal ini berkaitan dengan to change the behaviour and society. Penjelasannya, komunikasi memiliki fungsi dalam mempengaruhi penerima komunikasinya (komunikan), baik itu dalam bentuk motivasi, persuasi, stimulasi dan sebagainya.
Misalkan ada seorang ibu yang mempengaruhi anaknya dengan selalu berkata agar selalu menyisihkan uang untuk ditabung dan bukan untuk dibelikan barang tidak berguna. Maka si anak selalu mengingat perkataan sang ibu untuk selalu menabungkan uangnya dan bukan untuk dibelanjakan kepada hal yang tidak berguna. Secara tidak langsung, ibu anak tersebut telah mempengaruhi anaknya untuk melakukan hal baik yaitu menabung dan anak telah dipengaruhi oleh ibunya.
2.    Mengandung beberapa fungsi insidental/netral
Fungsi insidental atau netral ini berarti fungsi yang tidak langsung mempengaruhi tercapainya tujuan dan hubungan dalam berkomunikasi. Misalkan ketika ibu menyuru anaknya untuk belajar di malam hari. Maka hal tersebut tidak langsung dikerjakan oleh si anak, karena si anak lebih menyukai untuk bermain sosial media dibandingkan belajar untuk esok hari. Sehingga, pesan yang disampaikan oleh Ibu tidak langsung tercapai untuk dilakukan oleh sang anak.
3.    Komunikasi dapat menciptakan menciptakan rasa pemahaman (mutual understanding), tingkat penerimaan (common understanding atau mutual agreement) dan motivasi, terutama untuk menjawab hal terkait who says, what, in which channel, to whom, dan in which effect di dalam keberhasilan komunikasi.
Maksudnya disini ialah, komunikasi memiliki fungsi untuk menjelaskan jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan, yaitu :
(1)     Komunikator (siapa yang mengatakan?)
(2)     Pesan (mengatakan apa?)
(3)     Media (melalui saluran/channel/media apa?)
(4)     Komunikan (kepada siapa?)
(5)     Efek (dengan dampak/efek apa?)
Jadi, berdasarkan pertanyaan dan jawaban itulah, secara sederhana dapat disimpulkan proses komunikasi dimulai dari pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima (komunikan) yang menimbulkan efek tertentu.

B.     Tanya Jawab

1.       Apa yang dimaksud dengan fungsi mempengaruhi dan dipengaruhi?
Jawab : Komunikasi memiliki fungsi dalam mempengaruhi penerima komunikasinya (komunikan), baik itu dalam bentuk motivasi, persuasi, stimulasi dan sebagainya.
2.       Siapa yang menciptakan rasa pemahaman dalam berkomunikasi?
Jawab : Bukan hanya komunikator, namun komunikan juga harus dapat menciptakan rasa pemahaman agar isi dari komunikasi tersebut dapat dimengerti antara komunikator dan komunikan.
3.       Di mana kita dapat mencapai fungsi komunikasi mempengaruhi dan dipengaruhi?
Jawab : Dimana saja, saat tujuan utama dari komunikasi yang kita lakukan adalah untuk mempengaruhi seseorang dan berharap orang itu dapat mudah untuk dipengaruhi.
4.       Kapan terjadi fungsi insidental dalam mencapai tujuan komunikasi?
Jawab : Fungsi insidental dapat terjadi kapan saja tanpa bisa terduga di dalam komunikasi.
5.       Mengapa komunikasi memiliki fungsi untuk menciptakan motivasi?
Jawab : Karena dalam berkomunikasi tidak hanya memberikan pesan atau informasi-informasi saja, melainkan motivasi yang diberikan oleh komunikator kepada komunikannya agar dapat membangkitkan kembali semangat para komunikannya.
6.       Bagaimana cara mempengaruhi orang lain dalam fungsi komunikasi diatas?
     Jawab : Dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan persuasi atau ucapan motivasi yang akan membuatnya terpengaruh sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar