Minggu, 22 Januari 2017

KOMUNIKASI PENDIDIKAN : KEGUNAAN MEMPELAJARI ILMU KOMUNIKASI

BAB V

KEGUNAAN MEMPELAJARI ILMU KOMUNIKASI

A.          Kegunaan Mempelajari Ilmu Komunikasi

1.        Komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
Seorang pakar psikologi komunikasi, Paul Walzlawick pernah mengatakan, We cannot not communicate (kita tidak bisa tidak berkomunikasi).[1] Itu berarti, komunikasi bagi manusia menjadi kebutuhan dasar. Bahkan menurut sebuah penelitian (Tubbs dan Moss, 2003) dikatakan bahwa 75% waktu kita dipakai untuk berkomunikasi.
Dalam  kehidupan  sehari-hari,  komunikasi  memegang  peranan  yang  sangat penting.  Jika diperhatikan, sejak bangun tidur hingga mau tidur lagi semua itu berkaitan dengan komunikasi. Aktifitas sehari-hari yang kita lakukan berkaitan dengan komunikasi. Kita  tidak  bisa  tidak  berkomunikasi.  Tidak ada  aktifitas  yang  dilakukan  tanpa komunikasi. Kita membutuhkan komunikasi agar kita bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang lain. Baik itu komunikasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Hal  ini  menjadikan  komunikasi  tersebut menjadi hal sangat fundamental yang mendasar dalam kehidupan kita.
2.        Komunikasi merupakan suatu aktifitas kompleks.
Komunikasi adalah suatu aktifitas  kompleks dan menantang. Dalam hal ini ternyata aktifitas komunikasi bukanlah suatu  aktifitas  yang mudah.  Untuk  mencapai kompetensi komunikasi diperlukan understanding dan suatu keterampilan sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi efektif. Komunikasi merupakan suatu aktifitas kompleks maksudnya adalah setiap individu memiliki cara dan pendekatan masing-masing yang berbeda dalam mengamati suatu gejala komunikasi.
3.        Komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi efektif.
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan, yang salah satunya adalah dalam bidang karir ataupun pekerjaan. Komunikasi yang dimaksud ialah, pentingnya komunikasi dalam mencapai kesuksesan dari suatu kedudukan/posisi tertentu dalam mencapai kompetensi  komunikasi  antara  lain  melalui kemampuan  secara  personal  dan  sikap,  kemampuan  interpersonal,  kemampuan  dalam melakukan komunikasi oral dan tulisan, serta lain sebagainya. Tanpa komunikasi kita tidak dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. 
4.        Suatu pendidikan tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
Kadang-kadang kita menganggap bahwa komunikasi itu hanyalah suatu yang bersifat common  sense  dan  setiap  orang  pasti  mengetahui bagaimana  berkomunikasi. Padahal sesungguhnya banyak yang tidak memilki keterampilan berkomunikasi yang baik, karena ternyata banyak pesan-pesan dalam komunikasi manusia itu yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk verbal, tetapi  nonverbal, ada keterampilan komunikasi dalam bentuk tulisan dan oral, ada keterampilan berkomunikasi secara interpersonal, ataupun secara kelompok, sehingga  kita  dapat  berkolaborasi  sebagai  anggota  dengan  baik, dan  lain-lain. Kadang-kadang kita juga mengalami kegagalan dalam berkomunikasi. Banyak yang berpendidikan  tinggi, tetapi tidak memilki keterampilan berkomunikasi secara baik dan memadai sehingga mengakibatkan kegagalan dalam berinteraksi dengan manusia lainnya, maka komunikasi itu perlu kita pelajari. Semakin sering kita berkomunikasi maka semakin baik kompetensi komunikasi yang kita miliki.
5.        Komunikasi adalah populer.
Komunikasi  adalah  suatu  bidang  yang  dikatakan  sebagai  populer.  Banyak  bidang-bidang komunikasi modern sekarang ini yang memfokuskan pada studi tentang pesan, ada juga tentang hubungan antara komunikasi dengan bidang profesional lainnya, termasuk hukum,  bisnis,  informasi,  pendidikan,  ilmu  komputer,  dan  lain-lain. Saat  ini  komunikasi sebagai  ilmu  sosial/perilaku  dan  suatu  seni  yang  diaplikasikan.  Disiplin  ini  bersifat multidisiplin, berkaitan dengan ilmu-ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, antroplogi, politik, dan lain sebagainya.

B.          Tanya Jawab

1.       Apa yang dimaksud dari “Komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita”?
Jawab : Bahwa komunikasi merupakan kebutuhan dasar di kehidupan kita sehari-hari. Kita membutuhkan komunikasi agar kita bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang lain. Baik itu komunikasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Hal  ini  menjadikan  komunikasi  tersebut menjadi hal sangat fundamental yang mendasar dalam kehidupan kita.
2.       Siapa yang mengatakan bahwa 75% waktu yang kita pakai adalah untuk berkomunikasi?
Jawab : Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss.
3.       Di mana posisi komunikasi dalam kegunaannya untuk kehidupan sehari-hari?
Komunikasi memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia, baik di indonesia maupun negara lain. Pasalnya komunikasi menjadi kebutuhan dasar bagi manusia agar tetap terhubung dengan orang lain.
4.       Kapan komunikasi mulai dikatakan sebagai bidang populer?
Jawab : Bisa dikatakan, sekarang ini komunikasi mulai populer diantara bidang lainnya. Banyak bidang-bidang komunikasi modern sekarang ini yang memfokuskan pada studi tentang pesan, hubungan antara komunikasi dengan bidang profesional lainnya, termasuk hukum,  bisnis,  informasi,  pendidikan,  ilmu  komputer,  dan  lain-lain.
5.       Mengapa suatu pendidikan tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik?
Jawab : Karena, kompetensi komunikasi didapat dari seberapa sering kita berkomunikasi dan pandai dalam berbicara dengan orang lain. Apabila kita memiliki pendidikan tinggi namun kita tidak pernah berkomunikasi maka jadinya kita akan bingung apa yang ingin kita bicarakan saat berkomunikasi nanti. Lain halnya dengan orang yang sudah sering berkomunikasi walaupun memiliki pendidikan yang rendah.
6.       Bagaimana agar memiliki kompetensi komunikasi yang baik?
Jawab : harus lebih sering berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain. Semakin sering kita berkomunikasi maka semakin baik kompetensi komunikasi yang kita miliki.


[1] Nurudin, op. cit. hlm 7.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh tau referensi bukunya ga kak,thanks

Unknown mengatakan...

Dari sekian banyak penjelasan kok GK ada referensi Yg lugas yaa tentang KOMUNIKASI?

Posting Komentar