Minggu, 22 Januari 2017

KOMUNIKASI PENDIDIKAN : SUMBER KOMUNIKASI

BAB VI

SUMBER KOMUNIKASI

A.    Sumber Komunikasi

Sumber merupakan elemen dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan komunikasi baik dalan hal menyampaikan informasi maupun untuk memperkuat keakuratan dari sebuah pesan komunikasi tersebut. Komunikasi sebagai penyampaian pesan yang disampaikan oleh komunikator, dapat diberikan melalui berbagai sumber media. Pesan yang diberikan dari berbagai sumber tersebut tentunya memiliki fungsi dan tujuan tersendiri yang diharapkan. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam sumber komunikasi :
1.        Orang
Sumber komunikasi pertama ialah dari orang atau yang biasa kita sebut dengan komunikator. Dalam konteks ini, kita berkomunikasi dan mendapatkan pesan secara langsung oleh orang yang berbicara pada kita. Misalnya, saat ibu memberikan nasihat kepada anaknya tentang bahaya pulang malam. Informasi yang didapatkan anak itu bersumber dari orang, karena ibunya sendirilah yang menyampaikan pesan pesan tersebut.
2.        Lembaga
Sumber komunikasi yang kedua adala lembaga. Lembaga disini dapat berupa yayasan ataupun organisasi-organisasi yang memberikan informasi atau pesan langsung dalam komunikasi. Organisasi yang dimaksud tidak berupa organisasi formal, karna seorang dosen yang menjelaskan matakuliah kepada para mahasiswanya dapat dikatakan mahasiswa tersebut mendapatkan informasi langsung yang bersumber dari organisasi. Contoh lain adalah ketika kita menjadi anggota aktif dalam yayasan LSM, maka kita akan sering melakukan rapat untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Dari kegiatan rapat tersebutlah kita melakukan komunikasi didepan para anggota-anggota lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, jika kita menjadi karyawan kantor yang akan mempresentasikan project yang telah kita buat untuk diperlihatkan kepada manajer ataupun penanam saham untuk kantor tersebut.
3.        Buku
Sumber komunikasi ketiga adalah buku. Buku merupakan sumber ilmu, dimana banyak sekali informasi-informasi yang sudah terbukti keabsahannya. Misalnya adalah ketika kita mendapatkan tugas kuliah untuk membuat makalah, maka kita diharuskan untuk membaca buku dari materi terkait agar kita dapat mengetahui informasi yang sudah valid tanpa harus dipertanyakan.
4.        Dokumen
Sumber komunikasi keempat ini didapat dari dokumen. Dokumen yang dimaksud dapat berupa dokumen pribadi, dokumen pemerintah maupun dokumen lainnya.  Misalnya ketika kita akan mengurus pendaftaran masuk kuliah maka diperlukan berbagai dokumen yang salah satunya adalah ijazah sebagai bukti otentik dari informasi yang diberikan. Contoh lainnya adalah dokumen surat lamaran kerja yang selalu diberikan apabila kita akan melamar suatu pekerjaan.
5.        Media
Sumber terakhir komunikasi ialah berasal dari media. Baik media televisi, media cetak maupun media online yang saat ini lebih banyak digunakan adalah media online. Dimana seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang dicari tanpa harus berlama-lama untuk menunggu informasi tersebut muncul di media cetak maupun media televisi. Bahkan berita-berita yang sedang populer pun langsung dapat diakses bagi para netizen (istilah komunikan di media online).

B.    Tanya Jawab          

1.        Apa saja yang menjadi sumber komunikasi?
Jawab : Sumber komunikasi dapat berasal dari orang, lembaga, buku, dokumen ataupun media.
2.        Siapa saja yang dapat dijadikan sumber orang dari komunikasi?
Jawab : Siapa saja bisa menjadi sumber orang dalam berkomunikasi, yang pasti haruslah jelas dan akurat informasi yang diberikannya.
3.        Di mana kita bisa langsung mendapatkan informasi berita terkini secara instan, mudah dan cepat?
Jawab : Tentunya untuk zaman sekarang ini, media online menjadi tempat, wadah dari segala sumber informasi komunikasi yang terbaru, cepat dengan kemudahan dalam mengaksesnya.
4.        Kapan kita berkomunikasi dengan menggunakan sumber dokumen?
Jawab : Biasanya saat kita akan mendaftar sekolah baik itu SMP,SMA, ataupun kuliah kita membutuhkan sumber komunikasi berupa ijazah. Lalu dalam melamar kerja kita pasti akan menggunakan surat lamaran kerja dan CV. Dalam mengurus data kependudukan pun biasanaya kita akan membutuhkan berbagai macam dokumen seperti akta, KK, KTP untuk persyaratannya.
5.        Mengapa buku menjadi salah satu sumber komunikasi?
Jawab : Karena buku merupakan sumber ilmu, dimana banyak sekali informasi-informasi yang sudah terbukti keabsahannya.
6.        Bagaimana jika informasi yang didapat dari media online terbukti tidak akurat atau hanya berita tipuan?
Jawab : Sekarang ini memang banyak sekali berita atau informasi tidak akurat yang bersumber dari media online. Namun, dalam menyikapi itu kita harus mencari keabsahannya atau keakuratannya dengan mencari di media televisi, surat kabar, radio ataupun dari sumber komunikasi lainnya. Agar kita tidak terpaku hanya pada satu sumber saja, dan kita tidak tertipu terhadap pemberitaan yang tidak benar.



0 komentar:

Posting Komentar