Minggu, 22 Januari 2017

KOMUNIKASI PENDIDIKAN : RAGAM TINGKATAN KOMUNIKASI

BAB VII

RAGAM TINGKATAN KOMUNIKASI

A.          Ragam Tingkatan Komunikasi

1.    Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi, yaitu proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa proses pengolahan informasi melalui pancaindra dan sistem syaraf. Misalnya berpikir, merenung, mengingat-ingat sesuatu, menulis sebuah surat, dan menggambar.
2.    Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi antarpribadi, yaitu komunikasi yang dilakukan secara langsung antara seseorang dengan orang lain. Misalnya percakapan secara tatap muka antara dua orang, surat menyurat pribadi, dan percakapan melalu telepon. Corak komunikasi lebih bersifat pribadi, dalam arti pesan atau informasi yang disampaikan hanya ditujukan untuk kepentingan pribadi para pelaku komunikasi yang terlibat.
3.    Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok, yaitu kegiatan komunikasi yang berlangsung antara anggota kelompok. Tiap-tiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan kedudukan dan perannya dalam kelompok. Misalnya, ngobrol dalam keluarga antara ibu-anak dan ayah, diskusi antaranggota karang taruna, atau kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa di kelas. Komunikasi siswa SMK (SMA) yang lebih banyak wanita, tentu berbeda dengan komunikasi siswa SMK (STM) yang didominasi laki-laki.
4.    Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi, yaitu kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi dan komunikasi antarorganisasi. Contoh: rapat atau pertemuan antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Sosial termasuk contoh komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi bersifat formal dan mengutamakan prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan komunikasi.
5.    Komunikasi Masyarakat Luas
Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan kepada masyarakat secara luas. Ada dua cara, yaitu: 1) komunikasi massa yaitu komunikasi yang dilakukan melalui media massa seperti radio, TV, majalah, surat kabar; 2) langsung tanpa melalui media massa, misalnya ceramah atau pidato di lapangan terbuka.
Sifat isi pesan komunikasi yang disampaikan menyangkut kepentingan orang banyak, tidak bersifat pribadi. Proses penyampaian pesan melalui media massa berlangsung cepat dan mampu menjangkau wilayah geografi yang sangat luas (tidak terbatas). Contoh komunikasi massa adalah forum dialog dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Nasional melalui TV.

B.          Tanya Jawab

1.        Apa saja ragam tingkatan komunikasi?
Jawab : Komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi mayarakat luas yang terdiri dari komunikasi massa dan komunikasi langsung tanpa melalui media massa.
2.        Siapa yang berperan dalam komunikasi intrapribadi?
Jawab : Dalam komunikasi intrapribadi yang berperan adalah diri sendiri.
3.        Di mana biasanya komunikasi organisasi terjadi?
Jawab : Komunikasi organisasi biasanya terjadi pada saat ada perkumpula organisasi secara formal (biasanya pada saat rapat organisasi).
4.        Kapan bisa terjadi komunikasi intrapribadi?
Jawab : Komunikasi intrapribadi terjadi pada saat diri kita berpikir, merenung, mengingat-ingat sesuatu, menulis sebuah surat, ataupun menggambar mencari inspirasi.
5.     Mengapa proses penyampaian pesan melalui media massa berlangsung cepat dan tidak terbatas dibandingkan dengan media langsung?
Jawab : Karena dengan media massa dapat menyebarkan informasi langsung keseluruh rakyat merata dan tidak terbatas. Untuk media online informasi yang beredar akan begitu cepat dan tidak terbatas hanya untuk negara indonesia namun dapat diakses dari negara lain.
6.        Bagaimana komunikasi langsung (tanpa media massa) dapat terjadi?

Jawab : Komunikasi langsung (tanpa media massa) terjadi ketika ada seseorang melakukan ceramah ataupun dakwah di lapangan terbuka untuk menyampai pesan-pesan atau informasi kepada para audiens (komunikan). 

0 komentar:

Posting Komentar