Minggu, 22 Januari 2017

KOMUNIKASI PENDIDIKAN : PENGERTIAN KOMUNIKASI

BAB I

PENGERTIAN KOMUNIKASI

A.          Pengertian Komunikasi

Kata komunikasi berasal dari bahasa Latin communicatio yang berarti “pemberitahuan” atau “pertukaran pikiran”. Jadi, secara garis besar, dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan).[1]
Proses komunikasi dapat diartikan sebagai “transfer informasi” atau pesan (message) dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima sebagai komunikan. Dalam proses komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian (mutual understanding) antara kedua pihak yang terlibat dalam proses komunikasi. Dalam proses komunikasi, komunikator mengirimkan pesan/informasi kepada komunikan sebagai sasaran komunikasi.
Adapun beberapa definisi komunikasi dari para pakar, sebagai berikut:[2]
1.        Harold D. Laswell
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan; Siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Efek-nya apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect).
2.        Carl I. Hovland
Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain.
3.        Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss
Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.
4.        Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
5.        William Albig
Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.
6.        Theodore New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
7.        Bernard Bareison dan Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka dan sebagainya.
8.        Collin Cherry
Komunikasi adalah penggunaan lambang-lambang untuk mencapai kesamaan makna atau berbagai informasi tentang satu objek atau kejadian.
9.        Murphy dan Mendelson
Komunikasi adalah suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.
10.    William I. Gordon
Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.
11.    Claude Shannon dan Warren Weaver
Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja.
12.    William J. Seller
Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima, dan diberi arti.
Dari beberapa definisi tersebut, maka dapat penulis golongkan terdapat tiga pengertian utama komunikasi, yaitu pengertian secara etimologis, terminologis dan paradigmatis.
1.        Secara etimologis, komunikasi dipelajari menurut asal-usul kata, yaitu komunikasi berasal dari bahasa Latin “communicatio” dan perkataan ini bersumber pada kata “comminis” yang berarti sama makna mengenai suatu hal yang dikomunikasikan.
2.        Secara terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.
3.        Secara paradigmatis, komunikasi berarti pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contohnya adalah ceramah, kuliah, dakwah, diplomasi, dan sebagainya. Demikian pula pemberitaan surat kabar dan majalah, penyiaran radio dan televisi atau pertunjukan film di gedung bioskop, dan lain-lain.

B.          Tanya Jawab
1.        Apa yang dimaksud komunikasi menurut Harold D. Lasewall?
Jawab : Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan; Siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Efek-nya apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect).
2.        Siapa yang memberikan pengertian “komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih”?
Jawab : Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss
3.        Di mana kita mendapatkan contoh dari sebuah komunikasi?
Jawab : Di surat kabar dan majalah, penyiaran radio dan televisi atau pertunjukan film di gedung bioskop, ceramah, kuliah, dakwah, diplomasi, dan sebagainya yang berlangsung dilingkungan sekitar kita.
4.        Kapan terjadinya komunikasi?
Jawab : Ketika terdapat dua orang atau lebih yang sedang berinteraksi bersama.
5.        Mengapa komunikasi hanya berlangsung pada dua orang atau lebih?
Jawab : Karena, ketika hanya ada kita sendiri maka tidak akan mungkin terjadi komunikasi jika kita hanya akan berbicara sendiri tanpa ada yang mendengarkan pesan yang kita sampaikan.
6.        Bagaimana jika dalam proses komunikasi tidak terdapat unsur-unsur kesamaan antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan)?
Jawab : Maka, tujuan dari komunikasinya pun akan gagal. Karena, komunikan tidak akan memahami apa yang dikatakan oleh komunikator dan sebaliknya.



[1] Drs. Tommy Suprapto, M.S., Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi, Media Pressindo, Yogyakarta, 2009, hlm. 5.
[2] Nurudin, Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2016, hlm. 37.

0 komentar:

Posting Komentar